Penyebab File Corrupt dan Cara Menghilangkannya

File yang rusak atau rusak pasti akan mengganggu tugas yang ingin Anda selesaikan, jadi Anda harus tahu cara mengatasi file yang rusak agar Anda dapat mengaksesnya kembali, terutama jika file yang rusak tersebut diperlukan untuk tugas kerja atau perkuliahan. Ada banyak cara untuk menyelesaikan masalah ini.

Penyebab File Corrupt: Sebelum mengetahui cara mengatasi file rusak, pengguna harus tahu apa yang menyebabkan kerusakan agar mereka dapat memperkirakan jika hal serupa akan terjadi di masa mendatang. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan file rusak:

  1. File yang rusak dapat terjadi karena aplikasi atau software yang salah saat membuat atau menyimpan file; ini dapat terjadi selama proses penyimpanan file di memori internal atau eksternal komputer.

Ada beberapa file yang mengirimkan notifikasi kesalahan dan meminta pengguna mencoba lagi, tetapi yang lain tidak. Akibatnya, pengguna baru menyadari bahwa file tersebut rusak ketika dibuka.

  1. Kegagalan komputer: Penyebab berikutnya adalah komputer yang belum mati sepenuhnya. Sebagai contoh, komputer tiba-tiba mati karena crash saat sedang mengetik di Word dan laporan belum selesai. Ini merusak file ketika dibuka kembali.
  2. Ada Masalah di Hard Disk: Kesalahan sistem dapat menyebabkan file rusak, meskipun hard disk tampaknya utuh. Masalah kecil seperti cluster yang hilang atau file yang terhubung satu sama lain dapat menyebabkan masalah pada file komputer. Ini dapat berasal dari virus atau malware.

Cara Mengatasi File Corrupt: Beberapa faktor yang dapat menyebabkan file menjadi rusak telah dijelaskan sebelumnya. Namun, berita baiknya adalah bahwa file yang rusak masih dapat diperbaiki. Untuk mengatasi masalah ini, ada banyak fitur komputer atau laptop yang dapat Anda gunakan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi:

  1. Menggunakan Command Prompt: Cara pertama adalah menggunakan fitur Command Prompt di laptop atau PC. Langkah-langkahnya cukup mudah karena hanya perlu memasukkan perintah melalui jendela Command Prompt. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

Setelah menekan tombol “Start”, cari “Command Prompt” di jendela pencarian. Setelah muncul tulisan “Command Prompt”, klik kanan dan pilih “Run as administrator”. Setelah halaman Perintah Prompt terbuka, ketikkan “sfc/scannow” dan klik “Enter”.
File yang rusak akan segera dipindai oleh sistem. Sampai perbaikan selesai, jangan tutup halaman Command Prompt saat ini.
Setelah proses selesai, muncul tulisan “Windows found corrupt files…..”. Untuk menangani file tersebut, pengguna harus masuk ke Safe Mode. Untuk mengatasi file yang rusak, klik “Start”, tahan tombol “Shift”, pilih “Troubleshoot” dan “Startup settings”. Tekan “Restart”, lalu tekan tombol F yang sesuai dengan Safe Mode. Setelah kembali ke Safe Mode, buka kembali Prompt Command dan masukkan ulang perintah sfc/scannow.

  1. Menggunakan Windows PowerShell: Program Windows PowerShell juga dapat digunakan untuk mengatasi file yang rusak. Pengguna dapat menemukan aplikasi ini melalui fitur pencarian di menu “Start”.

Cari “Windows PowerShell” di kolom pencarian PC atau laptop Anda.
Setelah Anda masuk ke halaman tersebut, ketik perintah chkdsk c:/r. Perintah ini digunakan untuk mengidentifikasi bad sector mana yang menyebabkan file mengalami kerusakan. Untuk memperbaiki file-file yang mengalami masalah, ketik perintah chkdsk c:/f. Perintah c: juga dapat digantikan dengan perintah f: atau d:, tergantung pada lokasi penyimpanan file yang rusak.

  1. Menggunakan Program Lain untuk Membuka File Rusak Ada kemungkinan bahwa berbagai program dapat digunakan untuk membuka file yang sebelumnya rusak. Sebagai contoh, Anda ingin membuka PDF yang rusak yang tidak dapat dibaca oleh PDF Reader. Klik kanan file dan pilih “Buka dengan”. Setelah itu, mereka dapat memilih berbagai aplikasi, seperti browser, untuk digunakan.
  2. Mengubah Format File: Ini adalah metode tambahan untuk memperbaiki file yang rusak. Misalnya, Anda dapat mengubah file PDF menjadi format.docs, yang dapat dilihat kembali. Untuk mengubah file ke format lain, pengguna dapat menggunakan converter online yang tersedia di browser mereka.
  3. Melakukan Pemeriksaan Disk Secara Manual: Perlu diingat bahwa metode untuk memperbaiki file yang rusak ini tersedia untuk pengguna Windows 10. Untuk menggunakan fitur Pemeriksaan Disk, ikuti langkah-langkah berikut:

Cari “This PC” di menu Explorer laptop. Klik kanan pada menu tersebut, lalu pilih “Properties”. Tekan “Check”, “Scan Drive”, dan “Start”. Perintah ini akan memulai pengujian disk. Program akan menemukan file yang rusak. Setelah itu, ikuti instruksi yang diberikan oleh program untuk memperbaiki kerusakan file. Setelah itu, restart laptop atau PC Anda dan coba buka file yang rusak. Jika file dibuka dengan sukses, ini menunjukkan bahwa prosedur ini berhasil.
Ini mencakup informasi tentang penyebab file yang rusak dan bagaimana memperbaikinya sehingga dapat diakses segera. Tidak ada alasan untuk khawatir tentang file yang rusak saat genting. Ada banyak cara untuk memperbaikinya. Pelanggan dapat mencoba semua metode di atas sampai mereka menemukan yang terbaik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *