Rekomendasi 7 Game Edukatif Smartphone untuk Anak SD

Siswa SD menghabiskan waktu yang menarik dan menghibur dengan bermain permainan. Anda tidak perlu khawatir karena banyak game edukatif yang cocok untuk anak SD dapat dimainkan dengan mudah melalui ponsel pintar. Oleh karena itu, penggunaan ponsel pintar dapat memberikan nilai tambah yang unik bagi anak-anak.

Masa kanak-kanak saya di sekolah menengah adalah masa terbaik dalam hidup saya. Namun, anak-anak harus memiliki waktu untuk bersantai dan menghibur di antara aktivitas sekolah. Akibatnya, game-game berikut sangat direkomendasikan untuk anak-anak SD karena selain menghibur juga mendidik:

  1. Permainan Memori Pendidikan Kemampuan Mengingat sangat membantu anak belajar pengetahuan hidup penting. Tidak diragukan lagi, remaja zaman sekarang lebih rentan terhadap lupa.

Oleh karena itu, kemampuan mengingat harus dilatih dengan bermain game ini sejak kecil. Anak-anak dimotivasi untuk menyelesaikan soal-soal melalui permainan edukasi yang menarik. Konsepnya beragam agar permainan tidak membosankan.

Tugas termasuk mengingat objek, menemukan perbedaan di gambar, mencari pola yang tepat, dan tugas lainnya. Ini adalah aplikasi berukuran 22 MB dengan tiga tingkat kemudahan: sedang, keras, dan mudah yang dapat disesuaikan dengan kemampuan anak.

  1. Lingokids Play and Learn: Lingokids adalah rekomendasi permainan edukatif untuk anak SD. Permainan-permainan ini termasuk dalam kategori “Teacher Approved” dan cocok untuk anak-anak dari usia TK hingga SD, dan memiliki lebih dari 1000 aktivitas menarik yang dapat melatih kemampuan otak anak.

Anak-anak mungkin senang belajar sambil bermain, seperti membaca, matematika, atau ilmu psikologi, atau hal-hal seperti menghargai satu sama lain. Lingokids dapat diunduh dalam ukuran 62 MB.

Acer Indonesia meluncurkan 3. Game Anak Cerdas pada tahun 2014. Permainannya memiliki banyak pelajaran, masing-masing disesuaikan dengan tingkat kelasnya. Selain itu, fitur pengendalian orang tua di aplikasi ini memungkinkan orang tua melihat perkembangan anak mereka saat mereka memainkan game tersebut.

Selain itu, ada Zona Anak, yang dirancang untuk mencegah anak-anak mengakses situs web atau aplikasi yang tidak sesuai dengan usia mereka. Selain itu, ada opsi Izin Unduh, di mana anak-anak harus memasukkan kata sandi orang tuanya sebelum dapat mengunduh aplikasi atau halaman web.

Anda tidak perlu khawatir anak-anak Anda mengakses situs web atau aplikasi yang tidak aman lagi dengan aplikasi ini. Orang tua dapat melihat apa yang dilakukan anak mereka dan merekomendasikan hal-hal yang menarik untuk mereka lakukan.

  1. Kembara Bagian Tubuh: Ini adalah game edukatif yang mengajarkan anak-anak SD konsep sains penting, seperti bagian tubuh dan fungsinya. Game ini bagus untuk anak-anak yang bosan dengan game dengan tema matematik.

Tentu saja, aktivitas belajar dikemas dalam bentuk permainan. Anak-anak akan mengalami tantangan dan peristiwa yang menarik. Pemain harus tahu bagaimana setiap bagian tubuh berfungsi. Meskipun tampilannya sederhana, game ini memiliki pelajaran yang bermanfaat dan tidak membosankan.

  1. Permainan Matematika untuk Anak-anak: Aplikasi ini dibuat oleh RV AppStudios dan berpusat pada permainan matematika untuk anak-anak. Aplikasi berukuran 24 MB ini menampilkan banyak soal matematika dan konsep game. Dari yang paling dasar, misalnya pembagian, hingga yang lebih kompleks, misalnya akar.

Dengan menyesuaikannya dengan pelajaran sekolah dan kemampuan mereka, siswa SD dapat memainkan game ini. Pecahan, desimal, perkalian, dan aljabar adalah semua elemen yang digunakan dalam permainan. Anak-anak dapat secara bertahap meningkatkan permainan mereka hingga mereka benar-benar mahir dalam perhitungan.

  1. Smart SD: Game ini dibuat oleh Solite Kids dan ditujukan untuk anak-anak SD. Ini menggunakan soal-soal yang biasa digunakan dalam ujian UAS dan UNAS, dan antarmukanya yang sederhana tetapi menarik memungkinkan anak-anak melihat variasi dalam pembelajaran.

Game yang berukuran 27 MB ini memiliki fitur Try Out hingga pembahasan soal, yang memungkinkan anak-anak mencocokkan dan mempelajari soal yang mereka kerjakan. Sertifikat dan rapor ujian juga menunjukkan bagaimana permainan berjalan.

Akibatnya, anak-anak akan terbiasa dengan laporan evaluasi dan akan melihatnya sebagai kesempatan untuk belajar, bukan tugas. Game ini dapat dimainkan oleh siswa dari sekolah dasar hingga sekolah menengah.

  1. World of Train Conductor: Bosan dengan permainan edukatif tradisional yang dimainkan anak SD? Game ini dibuat oleh The Voxel Agents dan berfungsi sebagai alternatif. Anak-anak akan diajak untuk mencoba menjadi masinis sebagai hasilnya. Cara melakukan pekerjaan ini adalah dengan mengangkut penumpang dengan kereta ke tujuannya.

Dengan ukuran 78 MB, anak-anak dapat mengunduhnya dan memainkannya. Standar yang terus meningkat, berbagai jenis kereta, dan tampilannya yang menarik akan membuat Anda jenuh.

Ini adalah beberapa pilihan game edukatif yang menyenangkan dan membangun otak untuk anak-anak SD. Game-game ini dapat berguna saat orang tua sering khawatir tentang penggunaan ponsel anak-anak mereka. Misalnya, smartphone dapat digunakan untuk memberi pelajaran dan bermain game yang menarik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *