Cara Beli Domain dan Hosting, serta Tips memilihnya!

Saat ini, memiliki situs web adalah salah satu hal yang paling penting bagi setiap perusahaan atau lembaga. Setiap situs web memerlukan web host, yaitu perusahaan yang menangani penjualan domain dan hosting. Anda dapat memilih beberapa metode untuk membeli domain dan hosting.

Sangat penting untuk membeli domain dan hosting karena sebuah website yang baik harus memiliki alamat URL dan nama yang unik. Pada kesempatan ini, kami akan membahas cara membeli domain dan hosting dengan benar.

Pengertian Domain dan Hosting: Domain adalah lokasi di mana semua data sebuah website disimpan, dan hosting memfasilitasi akses orang lain ke data di internet.

Selain itu, sebuah website dapat dianggap sebagai rumah, dengan kamar data disebut hosting, dan domain adalah alamat webnya. Untuk membuatnya lebih mudah diingat, domain juga disebut sebagai nama atau alamat situs web.

Ketika Tim Berners-Lee membuat proposal untuk manajemen informasi pada 11 Maret 1989, Pengguna Domain di Dunia Internet terbentuk. Ia menciptakan internet saat ini, juga dikenal sebagai dunia maya. Setelah itu, kemajuan internet dianggap sangat luar biasa. Indonesia bahkan adalah negara dengan pengguna internet terbesar di dunia.

Dalam 30 tahun, tercatat ada lebih dari 41 miliar pengguna internet di seluruh dunia pada Desember 2018. Ada 342 juta domain yang terdaftar dan 1,94 miliar situs web.

Dengan 49% dari populasi yang menggunakan internet, Islandia menjadi negara dengan penetrasi internet tertinggi secara keseluruhan pada tahun tersebut, dan juga menjadi negara terbesar di Asia. Jumlah pengguna internet yang luar biasa di negara ini menjadikannya sangat penting.

Cara Membeli Domain dan Hosting: Proses pembelian domain dan hosting terdiri dari beberapa langkah berikut:

  1. Memilih Registrar Domain Terpercaya: Sebelum membeli domain, pastikan Anda akan menggunakan registrar domain yang terpercaya. Ada banyak pilihan, jadi pastikan untuk memeriksa penyedia layanan terlebih dahulu.
  2. Pastikan Domain yang Anda inginkan Tersedia Setelah Anda membeli domain, sangat penting untuk memastikan domain tersebut tersedia. Ini penting karena domain yang Anda inginkan tidak boleh sama dengan domain yang sudah ada sebelumnya.
  3. Memilih Ekstensi Domain: Domain pribadi memiliki banyak ekstensi, seperti.com,.co.id,.in, dan.pro, dll. Memilih salah satu ekstensi hanya akan mengubah nama domain yang akan Anda gunakan di masa depan, tidak mengubah apa pun yang ada di dalam domain.
  4. Pilih Paket yang Anda inginkan: Paket bundling biasanya menawarkan domain dan hosting yang Anda butuhkan. Saat memilih paket ini, Anda biasanya harus mempertimbangkan durasi layanan hosting yang tersedia, karena layanan hosting yang lebih lama biasanya akan lebih mahal.
  5. Selesaikan dan Lengkapi Registrasi Domain: Setelah melakukan pemilihan eksistensi, biasanya hanya perlu membayarkan tagihan dan melengkapi registrasi domain. Namun, ada beberapa situasi di mana verifikasi diperlukan agar domain dapat dimiliki oleh seseorang segera setelahnya.

Rekomendasi untuk Memilih Penyedia Hosting Web: Saat membeli domain dan hosting, sangat penting untuk memilih penyedia hosting web mana yang akan Anda gunakan untuk membangun situs web Anda. Meskipun ada banyak penyedia hosting web, ada beberapa cara untuk memilih yang terbaik.

  1. Menentukan Kebutuhan untuk Sebuah Website: Karena setiap situs web memiliki jenis konten yang berbeda, sangat penting untuk memahami apa yang diperlukan agar situs tersebut dapat berfungsi. Reliabilitas, kapasitas penyimpanan, dan kecepatan harus diperiksa.

Bahkan beberapa web host dirancang khusus untuk melakukan fungsi tertentu pada situs web mereka. Misalnya, web host yang berfokus pada penjualan mungkin tidak cocok untuk situs web lainnya. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu apa yang Anda butuhkan untuk situs web yang akan datang, dan kemudian temukan penyedia hosting yang tepat.

  1. Pertimbangkan Opsi Pembuatan atau Bundling: Beberapa penyedia layanan, seperti WIX, Shopify, atau bahkan blogger, menerima pembuatan web hosting dan website builder sekaligus, sementara ketiganya menawarkan layanan ini sebagai penyedia hosting dan website builder dalam paket bundle.

Sebaliknya, Anda dapat menggunakan berbagai jenis web hosting daripada web builder jika Anda ingin mengubah tampilan situs Anda sesuai keinginan Anda. Salah satu penyedia jasa yang paling terkenal dari jenis ini adalah WordPress, yang memungkinkan pengguna mengupload dalam hosting milik sendiri.

  1. Melakukan Riset: Setelah memastikan apa yang mungkin dibutuhkan situs web Anda di masa depan, penting untuk melakukan penyelidikan sebelum membeli domain dan hosting.

Untuk membatasi pilihan Anda di kemudian hari, cara terbaik adalah membuat daftar pilihan terbaik Anda. Memilih hanya sekitar sepuluh opsi akan lebih mudah saat melakukan penelitian mendalam dan akan sangat berguna saat membandingkan berbagai aspek dari masing-masing opsi.

  1. Membandingkan Beberapa Faktor Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat membandingkan host web satu sama lain. Pertama dan paling penting, biaya pendaftaran dan pembaruan. Beberapa web host mungkin akhirnya mengenakan biaya tambahan, jadi baca lebih lanjut.

Yang kedua hanya membahas persyaratan teknis untuk situs web dan hanya memilih yang paling lengkap. Lihat seberapa mudah pengoperasian dan dukungannya. Terakhir, lihat seberapa cepat dukungan, persiapan, dan pembatalannya.

Meskipun prosedur membeli domain dan hosting biasanya sama, jangan memilih penyedia domain secara sembarangan; pastikan selalu bahwa layanan yang tersedia, spesifikasinya, dan harganya masih tersedia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *